Pengertian Pendidikan: Jenis dan Fungsi

Foodphotographer – Pendidikan merupakan sebuah sarana atau cara untuk membebaskan seseorang dari yang namanya kebodohan dan juga dari hal-hal yang menindas berupa kebodohan, mudah ditipu, dan pola pikir yang sempit. Semakin tinggi pendidikan seseorang maka semakin bagus pula pola pikir dari seseorang tersebut.

Tidak hanya itu bila seseorang memiliki pendidikan yang tinggi maka semakin banyak juga pengetahuan yang dimilikinya, serta semakin mempunyai peluang yang tinggi untuk mendapatkan pekerjaan dan juga karir yang baik untuk keberlangsungan kehidupan. Secara umum sendiri pendidikan itu memiliki pengertian sebagai sebuah proses pengajaran suatu ilmu pengetahuan dan juga keterampilan dari satu generasi ke generasi yang lainnya.

Pendidikan itu sendiri bisa didapatkan dari hasil pengajaran atau bimbingan seseorang baik dalam ranah formal maupun infomal. Jadi pengertian pendidikan adalah proses pembelajaran untuk peserta didik supaya mengetahui berbagai ilmu pengetahuan baik yang bersifat umum maupun pengetahuan yang bersifat khusus atau menjurus. Hal ini juga sesuai dengan arti bahasa latin dari pendidikan ducare yang berarti memimpin atau menuntun.

Jenis-Jenis Pendidikan

Untuk jenis-jenis pendidikan sendiri, terdapat 7 jenis pendidikan yang akan dibahas berikut ini.

Pendidikan umum

Pendidikan ini merupakan jenis pendidikan yang bersifat umum sebelum melanjutkan pendidikan ketingkat tinggi yang berarti ilmu yang akan Anda dapatkan menjurus kepada satu bidang saja. Contoh pendidikan umum seperti SD, SMP, dan juga SMA.

Pendidikan Kejuruan

Untuk pendidikan kejuruan adalah jenis pendidikan tingkah menegah yang mempelajari ilmu yang berifat khusus untuk memenuhi tujuan agar ketika lulus, seorang siswa akan siap untuk langsung bekerja. Contoh sekolah kejuruan adalah SMK.

Pendidikan Akademik

Jenis pendidikan ini adalah jenis pendidikan yang mengarahkan Anda untuk menguasai sebuah disiplin ilmu tertentu, contohnya universitas ataupun lembaga lain yang setara dengan capaian yang ingin diraih.

Pendidikan Profesi

Sesuai dengan pengertian pendidikan maka pendidikan itu tidak memiliki akhir, apabila Anda telah sarjana maka terdapat sebuah bidang seperti kedokteran ataupun farmasi dan yang lainnya membutuhkan yang namanya pendidikan profesi. Agar ilmu yang telah didapatkannya pada saat sarjana, mampu teralokasikan dan lebih profesional.

Pendidikan Vokasi

Untuk jenis pendidikan ini adalah pendidikan tinggi yang mempersiapkan seorang siswa untuk mempunyai pekerjaan dengan memberikan keahlian tertentu dalam mempelajarinya pada jenjang D1-D4.

Pendidikan Khusus

Jenis pendidikan terakhir adalah pendidikan khusus, yakni sebuah pendidikan yang diberikan kepada siswa dengan kebutuhan khusus. Contoh sekolah dengan pendidikan khusus adalah SLB.

Fungsi Pendidikan

Terdapat begitu banyak fungsi pendidikan yang bisa Anda rasakan pada diri Anda, sehingga pendidikan menjadi hal yang sangat penting untuk Anda lakukan.

  • Sebagai bekal untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik
  • Pendidikan juga berfungsi sebagai sarana pengembangan minat dan bakat dari seseorang peserta didik.
  • Pendidikan menjadi sarana pelestarian budaya dari sebuah lingkungan masyarakat
  • Sebagai proses penanaman keterampilan yang kelak akan dibutuhkan untuk bersaing di dunia kerja
  • Sarana mentrasfer sebuah budaya ataupun adat istiadat dari satu generasi ke generasi lainya
  • Pendidikan yang akan membentuk karakter dari peserta didik
  • Menjadi sumber inovasi untuk kehidupan sosial dan lingkungan masyarakat
  • Sebagai sarana untuk mendapatkan ilmu dan pendidikan yang layak
  • Memberikan pengetahuan mengenai perbedaan serta kultur yang ada di masyarakat luas khususnya yang ada di Indonesia itu sendiri.

Demikianlah informasi mengenai pengertian pendidikan dalam hal ini jenis dan fungsi pendidikan itu sendiri.

Referensi:

Wartapoin